Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Profil / TUPOKSI

TUPOKSI

Tupoksi  CAMAT, SEKCAM DAN KASI

 

Berdasarkan
Peraturan Bupati Kebumen Nomor 86 Tahun 2016 Tentang R
incian Tugas dan FungsKecamatan , Berikut tugas pokok dan fungsi
jabatan yang ada di Kecamatan Mirit  sebagai berikut :

 

1. Kecamatan merupakan
wilayah kerja Camat sebagai perangkat daerah

2.
Kecamatan  dipimpin oleh Camat yang berkedudukan
di bawah dan bertanggung jawab kepada  Bupati
melalui Sekretaris Daerah.

 Tugas dan Fungsi Kecamatan

Kecamatan mempunyai
tugas melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang

menjadi kewenangan
Daerah yang dilimpahkan oleh Bupati.

Dalam melaksanakan
tugas, Kecamatan menyelenggarakan fungsi:

a. penyelenggaraan
urusan pemerintahan umum;

b. pengoordinasian
kegiatan pemberdayaan masyarakat;

c. pengoordinasian
upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;

d. pengoordinasian
penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan PeraturanKepala Daerah;

e. pengoordinasian
pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;

f.
pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan olehperangkat
daerah di tingkat kecamatan;

g. pembinaan dan pengawasan
penyelenggaraan kegiatan desa dan/ataukelurahan;

h.
pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah yang tidak
dilaksanakan  oleh unit kerja Pemerintah
Daerah yang ada di Kecamatan;

i.
perencanaan, pengoordinasian, pengendalian dan penyelenggaraan Pelayanan Administrasi
 Terpadu Kecamatan;

j. fasilitasi dan
evaluasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa;

k. pembinaan dan
fasilitasi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa; dan

l.
pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas
dan fungsinya.

 

Camat

Camat mempunyai tugas
memimpin pelaksanaan tugas dan fungsi Kecamatan.

 

Sekretariat

Sekretariat  adalah unsur pembantu pimpinan yang berada di
bawah dan bertanggung jawab kepada Camat. Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris
Kecamatan.

Sekretariat mempunyai
tugas melaksanakan perumusan rencana, pengoordinasian, pelaksanaan kebijakan,
pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pembinaan ketatausahaan,
keuangan, kerumahtanggaan, kerjasama, kearsipan, dokumen,keorganisasian dan
ketatalaksanaan, kehumasan, kepegawaian, administrasi penanganan aduan dan
pelayanan administrasi di lingkungan Kecamatan.

 

Dalam melaksanakan ,
Sekretariat Kecamatan mempunyai fungsi:

a. pengoordinasian
kegiatan di lingkungan Kecamatan;

b. pengoordinasian
penyusunan rencana dan program kerja di lingkungan Kecamatan;

c.
pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan,
kepegawaian, organisasi dan tata laksana, keuangan,kerumahtanggaan, kerja sama,
hubungan masyarakat, penanganan aduan,arsip dan dokumentasi di lingkungan
Kecamatan;

d.
pengoordinasian, pembinaan dan penataan organisasi dan tata laksana di lingkungan
Kecamatan;

e. pengoordinasian dan
penyusunan peraturan perundang-undangan di lingkungan Kecamatan;

f.
pengoordinasian pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan
pengelolaan informasi dan dokumentasi;

g. penyelenggaraan
pengelolaan barang milik daerah di lingkungan Kecamatan;

m. pelaksanaan
penatausahaan administrasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan;

h. pelaksanaan
percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayahnya;

i. pembinaan dan
pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan;

j.
koordinasi dengan organisasi perangkat daerah dan/atau instansi vertikal yang tugas
dan fungsinya di bidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;

k.
koordinasi dengan pihak swasta dalam pelaksanaan pemeliharaan prasaranadan
fasilitas pelayanan umum;

l. pelaksanaan
monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya; dan

m. pelaksanaan tugas
kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai tugas danfungsinya.

 

Subbagian pada
Sekretariat dipimpin oleh Kepala Subbagian yang berada di bawah dan bertanggung
jawab kepada Sekretaris Camat.

Subbagian Perencanaan
dan Keuangan
mempunyai tugas melakukan penyiapan
bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta
pelaporan meliputi pengumpulan dan penyusunan bahan rencana program dan
anggaran, pengelolaan data dan informasi, pengelolaan keuangan, penatausahaan
keuangan, akuntansi dan pelaporan serta pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di
lingkungan Kecamatan.

Subbagian Umum dan
Kepegawaian
mempunyai tugas melakukan penyiapan
bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta
pelaporan meliputi pembinaan ketatausahaan, kerumahtanggaan, pengelolaan barang
milik daerah, kerjasama, kearsipan, dokumen, keorganisasian dan
ketatalaksanaan, kehumasan, kepegawaian, administrasi penanganan aduan dan
pelayanan administrasi di lingkungan Kecamatan.

 

 

Seksi
Tata Pemerintahan

Seksi Tata Pemerintahan
pada Kecamatan dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada

di bawah dan
bertanggung jawab kepada Camat.

Seksi Tata Pemerintahan
mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian,
pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi pembinaan dan
pengawasan tertib administrasi pemerintahan desa dan/atau kelurahan, pemberian
bimbingan, supervisi, fasilitasi, dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa
dan/atau kelurahan, pembinaan dan pengawasan terhadap kepala desa dan/atau
lurah, pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat desa dan/atau kelurahan,
evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan di tingkat
Kecamatan, fasilitasi dan evaluasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja
Desa, pelaporan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan
desa dan/atau kelurahan di tingkat Kecamatan kepada Bupati.

Dalam melaksanakan
tugas, Seksi Tata Pemerintahan menyelenggarakan fungsi:

a.
pelaksanaan penyiapan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan bidang
pemerintahan;

b.
penyiapan bahan penyusunan program, pembinaan, penyelenggaraan pemerintahan
desa/kelurahan;

c. penyiapan bahan
pembinaan dan pengawasan tertib administrasi desa dan/atau kelurahan;

d.
penyiapan bahan fasilitasi pelaksanaan tugas-tugas di bidang keagrariaan sesuai
dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

e.
pelaksanaan upaya kelancaran pemasukan setiap pendapatan daerah yang bersumber
dari wilayah  kerjanya;

f.
pelaksanaan koordinasi dengan perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang
penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;

g.
pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan perangkat daerah dan
instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;

h.
pelaksanaan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan desa/kelurahan
di tingkat Kecamatan;

i.  pelaporan penyelenggaraan kegiatan
pemerintahan desa/kelurahan di tingkat Kecamatan;

j.
penyusunan program, penyelenggaraan, pembinaan serta inventarisasi sumbersumber
pandapatan dan kekayaan desa/kelurahan;

k.
penyiapan bahan pembinaan dan pengawasan, pemberian bimbingan, supervisi, fasilitasi
dan konsultasi pelaksanaan tertib administrasi pemerintahan desa dan/atau
kelurahan;

l.
penyiapan bahan pembinaan dan pengawasan terhadap kepala desa dan/atau lurah
beserta perangkat desa dan/atau kelurahan;

m. penyiapan bahan
fasilitasi dan evaluasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa;

n.
pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan tata pemerintahan desa dan/atau kelurahan
di tingkat Kecamatan; dan

o.
pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas
dan fungsinya.

 

Seksi
Ketenteraman dan Ketertiban

Seksi Ketenteraman dan
Ketertiban pada Kecamatan dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepada Camat

Seksi Ketenteraman dan
Ketertiban mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis,
pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi
koordinasi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Tentara
Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketenteraman
dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan, koordinasi dengan pemuka agama yang
berada di wilayah kerja kecamatan untuk mewujudkan ketenteraman dan ketertiban
umum masyarakat di wilayah Kecamatan, koordinasi dengan perangkat daerah yang
tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang-undangan,
koordinasi dengan perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penegakan
peraturan perundang-undangan dan/atau Kepolisian Negara Republik Indonesia,
pelaporan pelaksanaan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan di
wilayah Kecamatan kepada Bupati.

Dalam melaksanakan
tugas, Seksi Ketenteraman dan Ketertiban menyelenggarakan fungsi:

a.
penyiapan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan bidang ketenteraman dan
ketertiban wilayah;

b.
penyiapan bahan penyusunan program dan pembinaan umum dalam rangka pemantapan
kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan
Undang-Undang Dasar 1945;

c.
penyiapan bahan pelaksanaan kegiatan pembinaan ideologi negara dan kesatuan
bangsa serta sosial politik;

d.
penyiapan dan pelaksanaan pendataan yang diperlukan dalam penyelenggaraan Pemilihan
Umum;

e. penyiapan bahan
penyusunan program dan penyelenggaraan pembinaan Polisi Pamong Praja dan
perlindungan masyarakat di tingkat desa/kelurahan;

f.
penyiapan bahan fasilitasi pelaksanaan kegiatan pengamanan akibat bencana alam
dan bencana lainnya;

g.
peningkatan kesadaran masyarakat dalam upaya terlaksananya supremasi hukum
dalam wilayah kerjanya;

h.
penyiapan bahan kooordinasi dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau
Tentara Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan
ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan;

i.
penyiapan bahan koordinasi dengan pemuka agama yang berada di wilayah kerjanya
untuk mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum masyarakat;

j. pelaporan
pelaksanaan pembinaan ketenteraman dan ketertiban;

k.
penyiapan bahan koordinasi dengan perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di
bidang penegakan peraturan perundang-undangan dan/atau Kepolisian Negara
Republik Indonesia;

l.
pelaporan pelaksanaan penerapan dan penegakan peraturan perundangundangan di
wilayahnya; dan

m.
pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas
dan fungsinya.

 

Seksi
Pemberdayaan Masyarakat

Seksi Pemberdayaan
Masyarakat pada Kecamatan dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada di bawah dan
bertanggung jawab kepada Camat.

Seksi Pemberdayaan
Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis,
pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan meliputi
peningkatan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan
lingkup Kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di
desa/kelurahan dan Kecamatan, pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan
unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan
kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja Kecamatan, evaluasi terhadap
berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kecamatan baik yang
dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta, pelaksanaan tugas-tugas
lain di bidang pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peraturan
perundang-undangan, pembinaan dan fasilitasi pengelolaan Badan Usaha Milik
Desa, pelaporan pelaksanaan tugas pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja
Kecamatan kepada Bupati dengan tembusan kepada perangkat daerah yang membidangi
urusan pemberdayaan masyarakat.

Dalam melaksanakan
tugas , Seksi Pemberdayaan Masyarakat menyelenggarakan fungsi:

a.
penyiapan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan bidang pemberdayaan
masyarakat;

b. penyiapan bahan
koordinasi pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat;

c.
pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang pemberdayaan
masyarakat;

d. koordinasi dan
fasilitasi pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan lingkup Kecamatan;

e.
peningkatan partisipasi masyarakat dan pihak-pihak lain untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat;

f.
penyiapan bahan pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik
pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan
masyarakat di wilayah kerja Kecamatan;

g.
pelaksanaan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan dan pembangunan
masyarakat di wilayah Kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah
maupun swasta;

h.
penyiapan bahan koordinasi pembinaan lingkungan hidup, pertanian, peternakan,
perikanan dan kelautan, perekonomian masyarakat desa/kelurahan, produksi dan
distribusi serta koperasi dan usaha kecil menengah;

i. penyiapan bahan
pelaporan pelaksanaan tugas pemberdayaan masyarakat di wilayah kerjanya;

j. penyiapan bahan
pembinaan dan fasilitasi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa;

k.
pelaksanaan tugas-tugas lain di bidang pemberdayaan masyarakat sesuai dengan
peraturan perundang-undangan; dan

l.
pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas
dan fungsinya.

 

 

 

Seksi
Pelayanan Umum dan Kesejahteraan Sosial

Seksi Pelayanan Umum
dan Kesejahteraan Sosial pada Kecamatan dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada
di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

Seksi Pelayanan Umum
dan Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan
kebijakan teknis, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta
pelaporan meliputi pelaksanakan teknis Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan,
perencanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan, percepatan
pencapaian standar pelayanan minimal di wilayahnya, pembinaan dan pengawasan
terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan, evaluasi
terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan,
koordinasi dengan perangkat daerah dan/atau instansi vertikal yang tugas dan
fungsinya di bidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum,
koordinasi dengan pihak swasta dalam pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan
fasilitas pelayanan umum, pelaporan pelaksanaan kegiatan

pelayanan kepada
masyarakat dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum di wilayah
Kecamatan kepada Bupati.

Dalam melaksanakan,
Seksi Pelayanan Umum dan Kesejahteraan Sosial menyelenggarakan fungsi:

a.
penyiapan bahan penyusunan rencana dan program kegiatan bidang pelayanan umum
dan kesejahteraan sosial;

b. pelaksanakan teknis
pelayanan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan;

c. perencanaan kegiatan
pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan;

d. percepatan
pencapaian standar pelayanan minimal di wilayahnya;

e.
pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di
Kecamatan;

f. evaluasi terhadap
pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan;

g.
koordinasi dengan perangkat daerah dan/atau instansi vertikal yang tugas dan fungsinya
di bidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;

h.
koordinasi dengan pihak swasta dalam pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan
fasilitas pelayanan umum;

i.
koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan pembinaan kesejahteraan sosial, pelayanan
dan bantuan sosial, peranan wanita, Keluarga Berencana, pembinaan kepemudaan
olah raga dan kesehatan;

j.
koordinasi dan fasilitasi pemeliharaan dan pengembangan kehidupan masyarakat di
bidang sosial budaya, agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;

k. penanganan bencana
alam dan bencana sosial;

l.
pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat
dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum di wilayah Kecamatan
serta kesejahteraan sosial di wilayah kerjanya; dan

m.
pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas
dan fungsinya.